How to install 2 Version Python in Windows

Post a Comment
Hallo sobat pixel gakerasa udah masuk di tahun 2019 aja ya, Gimana kabarnya mantannya? Semoga baik-baik aja hehe. Eh maap salah :3. Oke pada awal postingan di tahun 2019 kali ini gue mau share tutorial gimana sih cara install 2 both version python yang berbeda di windows dan cara menambahkan PATH nya di windows. PATH apa itu kak? oke sedikit penjelasan apa itu PATH?
"PATH adalah variabel lingkungan pada sistem operasi mirip-Unix, DOS, OS / 2, dan Microsoft Windows, menentukan satu set direktori di mana program yang dapat dieksekusi berada"
Emang bisa ya kak? Ya bisa lah hehe, Mungkin ini tutorial udah lama, so bagi yang belum tahu langsung aja gimana step-stepnya kak.

Pertama kalian harus download pythonnya dulu, berhubung disini menggunakan 2 both version python yang berbeda, Saya mendownload yang version 2.7 dan 3.0, Kalian bisa mendownloadnya di www.python.org/downloads dan pilih version python yang kalian butuhkan.

Jika sudah kalian download, kalian setting path python 2.7, Lalu kalian install seperti biasa dan biasanya directorynya ada di C:/Python27/ itu default ya jika kalian tidak ubah.

Setelah kalian success install python 2.7 kalian install juga python 3.0 sama seperti tadi. dan biasanya directorynya ada di C:/Python30/ itu default ya jika kalian tidak ubah.

Jika kalian sudah menginstall keduanya nah disini kita akan setting PATH nya, Langsung aja kalian buka Control Panel dan pilih System Lalu pilih Edit System Variable.

Jika kalian sudah memilih itu maka akan muncul System Properties seperti gambar di bawah dan kalian pilih Environment Variabels.

Jika sudah masuk seperti ini kalian pilih System Variables dan Cari PATH lalu kalian klik edit, Dan kalian cukup tambahkan
C:\Python27;
C:\Python27\Scripts;
C:\Python30;
C:\Python30\Scripts;
(Nb: Jika kalian menginstall python selain pada drive C:/ Kalian harus menemukan pathnya dulu ya)
Jika sudah kalian jangan lupa save

Step selanjutnya kalian edit python.exe yang ada pada masing-masing directory python 2.7 maupun 3.0, Pada folder C:\Python27 kalian edit python menjadi pyhton2

Sedangkan pada folder C:\Python30 kalian edit menjadi python3

Jika kalian sudah mengikuti step diatas mari kita coba melakukan test terhadap python disini saya mencoba check version python 2.7 dan python 3.0 kalian cukup command python2 or python3 -V Dan berhasil!

Gimana cukup mudah bukan? Oke mungkin cukup sekian tutorial dari saya dont forget too share and See you next time byee~

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter